Kamis, 03 September 2015

Balikpapan




sumber : https://kotabalikpapan.wordpress.com/wallpaper/

DAERAH BALIKPAPAN

Kota Balikpapan adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.Motto kota Balikpapan yaitu "Gawi Manuntung Waja Sampai Kaputing" (Bahasa Banjar) yang artinya adalah apabila memulai suatu pekerjaan harus sampai selesai pelaksanaannya. Logo dari kota yang sering dijuluki “Kota Minyak” ini adalah Beruang Madu, binatang yang berasal dari kota Balikpapan sekaligun dilindungi. Dan sekarang banyak dari beruang madu sudah punah.



Suku Kebudayaan di Balikpapan
Balikpapan mempunyai banyak sekali suku daerah, diantaranya adalah :
  1. Suku Paser
  2. Suku Kutai
  3. Suku Banjar
  4. Suku Bugis
  5. Suku Jawa
  6. Suku Minahasa
  7. Suku Batak
  8. Suku Gayo
  9. China
  10. Suku Gorontal 
Bahasa Daerah di Balikpapan
Dan juga terdapat banyak bahasa, diantaranya adalah
  1. Bahasa Paser
  2. Bahasa Banjar
  3. Bahasa Bugis
  4. Bahasa Jawa
  5. Bahasa Kutai
sumber :  https://tjoayuliyanti.wordpress.com/budaya-kota-balikpapan/

MAKANAN KHAS KOTA BALIKPAPAN
Balikpapan merupakan sebuah kota kecil di Propinsi Kalimantan Timur. Namun terdapat beberapa makanan khas yang unik dan lezat untuk disantap langsung ataupun dibawah pulang buat oleh-oleh. diantaranya adalah :

1.  Aneka Olahan Kepiting
Sudah menjadi rahasia umum jika Balikpapan merupakan salah satu daerah penghasil kepiting bakau terbaik di Indonesia. Berbagai aneka olahan kepiting bakau (atau biasa disebut kepiting Soka) yang lezat bisa anda dapatkan dibeberapa restoran yang ada di Jalan Marsma Iswahyudi Gunung Bakaran (tak jauh dari Bandara Sepinggan). Menu kepiting lada hitam, kepiting saos special, kepiting saus tiram, kepiting tauco, hingga kepiting goreng mentega ada disini. Namun dari sekian banyak menu, kepiting lada hitam dan kepiting saos special menjadi yang terdepan. Kepiting Soka yang gemuk dan banyak dagingnya memang akan semakin nikmat dengan bumbu saus dan lada hitam yang pedas. Untuk dijadikan oleh-oleh, makanan ini juga sudah dikemas sedemikian rupa sehingga tidak mengurangi cita rasanya, aman, dan trendy sehingga tak perlu malu walau harus menentengnya. Sampai dirumah anda tinggal memanaskannya di microwave dan siap dihidangkan.


 

2.  Mantau

Mantau atau roti yang mirip dengan bakpao merupakan kuliner khas etnis tionghoa yang banyak terdapat dibeberapa daerah di Indonesia. Namun berkat kulturasi yang terjadi di Balikpapan memunculkan kuliner berupa mantau yang unik dan khas serta berbeda dari daerah lain. Roti kukus sebesar kepalan tangan yang biasanya disajikan setelah digoreng ini, di Balikpapan disajikan bersama daging rusa yang diolah dengan bumbu lada hitam (rusa lada hitam). Ini yang membuat mantau Balikpapan menjadi khas dan berbeda. Daging rusa yang bertekstur sedikit lembut dan agak manis ini akan semakin lezat dengan padu padan lada hitam yang pedas. Taburan kacang mete sangrai yang gurih seolah semakin menambah kelezatan kuliner ini. Namun dewasa ini daging rusa sudah sulit didapatkan (karena rusa menjadi salah satu hewan yang dilindungi), sehingga banyak digantikan dengan daging sapi atau ayam. Jika anda penasaran dan ingin mencicipi kelezatan mantau dengan sapi lada hitam atau ayam lada hitam, cobalah anda datang kesebuah depot di Simpang Kilat Jalan Letjen Suprapto Balikpapan.



sumber : http://balikpapan-info.blogspot.com/2009/07/oleh-oleh-dari-balikpapan.html

3.  Amplang


Amplang merupakan makanan ringan semacam kerupuk. Bahan utamanya terdiri dari tepung, telor,  beragam bumbu rempah, dan daging ikan pipih (atau sering disebut belida). Ikan pipih sendiri merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dulu banyak terdapat diperairan Kalimantan. Namun keberadaan ikan ini sudah jarang kita temui hingga dewasa ini, pembuat amplang menggantinya dengan daging ikan tengiri. Sekarang Ikan pipih atau belida sendiri hanya dipakai sebagai merk saja. Campuran dari beragam bumbu rempah, tepung, telor dan daging ikan membuat camilan ini terasa gurih dan kriuk. Bentuknya bermacam-macam, ada yang bulat memanjang seperti jari, ada juga yang menyerupai kuku macan. Semua sama gurihnya. Pembuatan amplang sendiri selain di Balikpapan juga banyak terdapat di Samarinda. Anda bisa mendapatkan amplang yang gurih ini dibeberapa toko penjual oleh-oleh khas Balikpapan yang banyak terdapat di sepanjang jalan A. Yani Balikpapan.





sumber :  http://www.kompasiana.com/gneoga/ini-dia-5-kuliner-unik-oleh-oleh-dari-balikpapan_552aa9626ea8341a0a552d0c
http://oleh-oleh-balikpapan.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan Kritik dan Saran Anda